29 Jan 2013

Sumpah Pemuda

28 Oktober 1928 biasa kita peringati dengan hari Sumpah Pemuda, hal ini di karenakan penghargaan hari dimana para pejuang muda yang bertekat untuk merebut kemerdekaan. Sejak tahun 1928 hingga 1945 para pejuang bangsa tidak pernah gentar membela dan berjuang dalam perebutan kemerdekaan Negara Indonesia.
Selama 17 tahun sejak terjadi kongres pemuda, tepatnya 17 agustus 1945 (Jumat, 17 Agustus 1945 Tahun Masehi, atau 17 Agustus 2605 menurut tahun Jepang dibacakan oleh Ir. Soekarno yang didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat.) indonesia berhasil mengumandangkan kemerdekaan melalu media massa. Kabar gembira yang menggemparkan tanah air Indonesia. Tidak ada lagi Portugis, Spanyol, Inggris, Belanda, Dan Jepang di tanah air tercinta ini.
Sumpah pemuda adalah bukti otentik sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia.Rumusan Kongres Sumpah Pemuda ditulis Moehammad Yamin pada secarik kertas yang disodorkan kepada Soegondo ketika Mr. Sunario tengah berpidato pada sesi terakhir kongres (sebagai utusan kepanduan) sambil berbisik kepada Soegondo: Ik heb een eleganter formulering voor de resolutie (Saya mempunyai suatu formulasi yang lebih elegan untuk keputusan Kongres ini), yang kemudian Soegondo membubuhi paraf setujupada secarik kertas tersebut, kemudian diteruskan kepada yang lain untuk paraf setujujuga. Sumpah tersebut awalnya dibacakan oleh Soegondo dan kemudian dijelaskan panjang-lebar oleh Yamin.

“Pertama
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoewa
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.”


Sumpah pemuda dilakukan beberapa kali, yaitu
1.     Tahun 1926
2.     20 Februari Tahun 1927
3.     3 Mei Tahun 1928
4.     12 Agustus Tahun 1928
5.     27 Oktober Tahun 1928
6.     28 Oktober Tahun 1928

Yang di hadiri beberapa wakil organisasi pemuda, yaitu:
1.         Jong Java,
2.         Jong Ambon,
3.         Jong Celebes,
4.         Jong Batak,
5.         Jong Sumatranen Bond,
6.         Jong Islamieten Bond,
7.         Sekar Rukun,
8.         PPPI,
9.         Pemuda Kaum Betawi, dll

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar